Sabar

*Hikmah Petang:*
Nasehat Muhammad bin Ali kepada putranya, “Wahai anakku, jauhilah rasa malas dan berkeluh kesah, karena keduanya kunci dari segala kejelekan hidup.
Sesungguhnya jika engkau malas, maka engkau tidak akan mampu menjalankan kewajibanmu, dan jika engkau berkeluh kesah, maka engkau tidak akan mampu bersabar diatas kebenaran.”
Sahabatku
Seseorang yg melatih diri untuk bersabar, maka الله akan jadikan dia sabar.
Dan jika الله Azza wa Jalla memberikan kesabaran kepada seorang hamba, maka itu merupakan anugerah yang paling utama dan pertolongan yg paling luas serta paling agung.
Sabar, seperti halnya akhlak2 terpuji lainnya, membutuhkan kesungguhan jiwa dan latihan. Karena itulah Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda, “Barang siapa yang melatih diri untuk bersabar,” yaitu orang yang mencurahkan jiwanya untuk bersabar, “Maka الله Azza wa Jalla akan menjadikannya sabar,” yaitu الله akan menolongnya agar ia bisa bersabar.
Sabar itu merupakan pemberian yang paling agung, karena ia berkaitan dgn semua urusan seorang hamba dan sebagai penyempurnanya. Seorang hamba butuh kesabaran dalam segala keadaan selama hidupnya.
Sesungguhnya seorang hamba membutuhkan kesabaran dalam segala hal, di antaranya:
1. *Dalam menjalankan ketaatan kepada الله sampai dia bisa mengerjakan dan menunaikannya*
2. *Sabar dalam menjauhkan maksiat kepada الله sampai bisa meninggalkannya karena الله*
3. *Sabar atas takdir الله yang menyakitkan sampai dia tidak marah karenanya,*
4. *Bahkan seorang hamba butuh sabar atas nikmat2 الله dan hal2 yg dicintai oleh jiwa, hingga dia tidak membiarkan jiwanya tenggelam dalam kesenangan dan kegembiraan yg tercela, tetapi terus menyibukkannya dgn bersyukur kepada الله Azza wa Jalla*
Semoga الله selalu membimbing kita utk selalu bersabar dalam segala keadaan.
‎آمــــــــــــــــــين يا رب العالمين

*———¤•✳️•¤-———*

6 Replies to “Sabar”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *